Selasa, 07 Agustus 2018

MAN (Metropolitan area network)

Apa itu Jaringan Komputer ??

Jaringan komputer adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer-komputer yang didesian untuk dapat berbagi sumber daya (printer,CPU), berkomunikasi (surel,pesan instan),dan dapat mengakses informasi (peramban web). Tujuan dari jaringan komputer adalah agar dapat mencapai tujuannya,setiap bagian dari jaringan dapat meminta dan memberiakan layanan(service). Pihak yang meminta/menerima layanan disebut klien(clien) dan yang memberikan/mengirim disebut paladen(server).

Jenis-Jenis Jaringan Komputer

Jenis-jenis jaringan komputer berdasarkan cakupan areanya dapat dibedakan menjadi beberapa jenis yaitu:
1. PAN
2. LAN 
3. MAN 
4. WAN.


Nahh karena yang menjadi fokus kita sekarang adalah MAN jadi kita hanya akan fokus membahas jaringan komputer yaitu MAN , Apa itu MAN ?????



Jaringan wilayah metropolitan atau MAN (Metropolitan area network atau disingkat) adalah suatu jaringan dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi, Jaringan ini sangat Fleksible karna dapat menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintahan, dan sebagainya. Jaringan MAN sendiri adalah gabungan dari beberapa jaringan  LAN. Jangkauan dari jaringan ini pun sangat mengagumkan yaitu  antar 10 hingga 50 km, MAN ini merupakan jaringan yang tepat untuk membangun jaringan antar kantor-kantor dalam satu kota antara pabrik/instansi dan kantor pusat yang berada dalam jangkauannya.


Perlengkapan Untuk jaringan Man

1. HUB
HUB istilah umum yang digunakan untuk menerangkan sebuah central connection point untuk komputer pada network. Fungsi dasar yang dilakukan oleh HUB adalah menerima sinyal dari satu komputer dan menstranmisikannya ke komputer yang lain. Sebuah HUB bisa active atau passive. Active HUB bertindak sebagai repeater, ia meregenerasi dan mengirimkan sinyal yang diperkuat. Passive HUB hanya bertindak sebagai kotak sambungan, ia membagi/memisahkan sinyal yang masuk untuk ditransmisikan ke seluruh network. HUB adalah central untuk topologi star dan mengijinkan komputer untuk ditambahkan atau dipindahkan pada network dengan relatif mudah.


2. Modem
Modem berasal dari singkatan MOdulator DEModulator. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa (carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Modem merupakan penggabungan kedua-duanya, artinya modem adalah alat komunikasi dua arah. Setiap perangkat komunikasi jarak jauh dua-arah umumnya menggunakan bagian yang disebut "modem", seperti VSAT, Microwave Radio, dan lain sebagainya, namun umumnya istilah modem lebih dikenal sebagai Perangkat keras yang sering digunakan untuk komunikasi pada komputer.







Kelebihan dan kekurangan menggunakan jaringan MAN

Setiap jenis jaringan pasti memiliki kelebihan dan kekurangan demikian juga dengan jaringan sekelas MAN. Dari banyak kelebihanya ternyata jaringan ini memiliki beberapa kekurangan. Berikut penjabaranya tentang kelebihan dan kekurangan jaringan MAN.

1.      Kelebihan jaringan MAN
a)        Jaringan yang relatif luas sehingga memudahkan dalam berkomunikasi serta sangat efisien
b)        Dapat menunjang bisnis ataupun relasi antar kantor, instansi atau organisasi
2.      Kekurangan Jaringan MAN
a)      Biaya operasional yang relatif sangat besar
b)       Biaya perawatanyapun terbilanga sangat mahal
c)       Sering menjadi sasaran Cracker untuk mendapatkan keuntungan pribadi



















Tidak ada komentar:

Posting Komentar